AKU INGIN MENCINTAIMU DENGAN SEDERHANA 

SAPARDI DJOKO DAMONO





Aku ingin mencintaimu dengan sederhana

Dengan kata yang tak sempat

Diucapkan kayu kepada api

Yang menjadikannya abu



Aku ingin mencintaimu dengan sederhana

Dengan isyarat yang tak sempat

Diucapkan awan kepada hujan

Yang menjadikannya tiada




 Puisi ini merupakan kumpulan puisi ciptaan Sapardi yang sukses menjadi puisi romantis dikalangan remaja. Puisi yang syarat makna ini memiliki arti yang begitu mendalam untuk orang-orang yang menbaca atau mendengarnya. Puisi ii memiliki tempat sendiri di hati para penggemar sastra. Dalam beberapa hari yang lalu, pencipta sempat diwawancari oleh sebuah stasion televisi swasta nasional mengenai inspirasi dalam membuat puisi “aku ingin mencintaimu dengan sederhana”. Sapardi mengungkapkan bahwa dalam membuat puisi tersebut menggunakan emosi yang kental dan hanya memerlukan waktu 15 menit untuk membuatnya. Ada hal yang membuat saya secara emosi merasakan begitu dalam arti CINTA itu. Bait tiap bait memiliki arti yang dalam, berikut ini akan saya jelaskan secara terperinci versi saya.

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana memiliki arti yang cukup luas. Sederhana merupakan ukuran kenyaman perasaan seseorang kepada orang yang ia cintai. Sederhana memiliki makna bahwa cinta itu bukan mengenai materi kekayaan tetapi sesederhana itu saja sudah sempurna.

Dengan kata yang tak sempat

Diucapkan kayu kepada api
Yang menjadikannya abu

mengenai cara seseorang untuk mencintai orang lain, sebuah bait puisi yang bermajas tinggi yang menggambarkan betapa sempurnanya cinta itu. Anda pernah mencintai seseorang?? ini pantas untuk menggambarkan cinta tersebut. Banyak yang berfikir bahwa kayu tak kan pernah sempat berbicara kepada api yang menjadikannya abu. abu memang sudah tak diperhatikan orang lain, tetapi abu juga bisa bermanfaat yaitu untuk menyuburkan tanaman. Lalu apa hubungannya dengan puisi itu? kayu jika sudah dibakar oleh api, akan menjadi abu yang membuatnya berubah untuk menyuburkan tanaman disekitarnya. Kita juga akan diubah menjadi pribadi yang mau berkorban dengan orang yang kita cintai. karena hakekat cinta adalah pengorbanan dan kasih sayang.


Aku ingin mencintaimu dengan sederhana

Dengan isyarat yang tak sempat

Diucapkan awan kepada hujan

Yang menjadikannya tiada

Makna nya hampir sama dengan bait pertama pada puisi diatas. Puisi ini sangat memanjakan pembacanya apalagi jika dibacakan oleh pasangan yang lagi terbuai oleh cinta. Puisi merupakan ekspresi yang digunakan untuk berbagai macam keperluan. Dengan puisi anda bisa menyatakan perasaan anda ke orang yang anda suka atau bahkan melamarnya. Penulis juga senang membuat puisi untuk pasangan, karena menurut penulis dengan puisi hati seseorang yang sedang marahpun bisa berubah dengan seketika. Puisi ini juga berhasil dijadikan lagu yang sangat bagus oleh Ari dan Reda.


"Merantaulah, agar kau tahu kenapa harus pulang, agar kau tahu siapa yang kau rindu" 

Sapardi Djoko Damono

Post a Comment

 
Top